Selasa, 02 April 2013

Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak Di Rumah

Ada yang pusing pada saat mengajari anaknya yang sudah mulai sekolah?
Saya yakin, para mama di seluruh nusantara ini PASTI pernah merasakan hal itu.
Seperti yang pernah aku bahas di artikel sebelumnya, bahwa kurikulum sekarang terlalu berat untuk anak. Terutama yang masih duduk di TK dan kelas 1 SD. Karena itu, kita sebagai orangtua harus telaten dan kreatif pada saat mengajari anak.

Salah satu mata pelajaran yang menurutku agak susah, karena menuntut ingatan yang kuat dari si anak, yaitu : BAHASA INGGRIS. Dulu pada saat masih sekolah, aku baru mendapatkan pelajaran itu di kelas 1 SMP. Sekarang...anak TK sudah mulai diajari!

Livia sekarang kelas 1 SD. Pengalamanku selama ini, pada saat belajar untuk ulangan atau ujian keesokan harinya, dia bisa menghafal, dan berhasil mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi beberapa hari setelah itu, aku coba tanyai lagi...tidak semuanya bisa dia jawab dengan benar. Kadang membuat aku emosi, karena takut dia ketinggalan dengan teman-temannya. Tapi, aku menyadari...untuk anak seusia dia, otaknya sudah terlalu berat untuk menampung semua pelajaran. Jadi aku yang harus bersabarrrrrr.... :)

Tugas orangtua bukan sekedar menuntut hasil yang bagus dari anaknya, tapi juga harus membantu mereka supaya bisa mencapai tujuan itu.
Nahhhhh...untuk pelajaran Bahasa Inggris ini, aku punya solusi!

Aku terinspirasi dari guru Bahasa Inggrisku di SMP, namanya Pak Tom.
Dulu...di sekolahku, setiap hari ada pelajaran ini. Dan...tiap hari pula beliau ini mengadakan test!
Setiap hari kami harus mengerjakan 50 soal dikte. Salah 1, nilai 0...bayangkan!
Sudah dapat nol, masih dihukum pula, menulis 100x untuk tiap kesalahan.
hadeeeeehhhh....siapa yang ga stress?

Karena tidak mau mendapat nilai jelek dan hukuman, akhirnya kami semua rajin belajar. Dan keuntungan yang benar-benar terpampang nyata akibat dari tes tiap hari itu adalah....pada saat ujian, kami tidak pernah belajar. Karena kami sudah hafal luar kepala! Bahkan sampai aku mempunyai keluarga sekarang ini...! Hebat kan...? Terima kasih Pak Tom....Anda sangat hebat :)

BERSAKIT-SAKIT DAHULU..BERSENANG-SENANG KEMUDIAN... 
(mungkin ini peribahasa yang ingin dibagikan Beliau kepada murid-muridnya)

Dari pengalamanku itulah...aku ingin mempraktekkan pada Livia.
Walaupun keesokan harinya tidak ada pelajaran bahasa Inggris, dia harus tetap belajar. Setelah selesai, aku beri dia tes (walaupun jumlah soalnya tidak terlalu banyak). Untuk jenis hukuman...hmmmm, itu aku serahkan pada kalian saja, hehe...
Yang penting belajar dan tes tiap hari, itu intinya...supaya semakin hafal. Dan tidak hanya hafal pada saat akan diuji di sekolah saja, tapi seterusnya..itu tujuan utamanya!

Selain tes tulis, kadang aku tebak gambar menggunakan kartu bergambar seperti ini :


bermain...sambil belajar!

Nahhhh....para mama, jangan pusing lagi menemani anak belajar Bahasa Inggris ya..
Selamat mencoba :)


Baca juga artikel di bawah ini :
http://belajarbahasainggrismandiri.blogspot.com/
http://www.englishfirst.co.id/englishfirst/englishstudy/belajar-bahasa-inggris.aspx





Tidak ada komentar: